Pesatnya perkembangan agribisnis perunggasan dengan Foto Munas pinsarberbagai tantangan yang dihadapinya dalam iklim pembangunan nasional dan untuk membangun dunia perunggasan yang maju, tangguh dan efisien, yang dapat diandalkan untuk menyediakan protein hewani, meningkatkan kesempatan bekerja dan kesempatan berusaha, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rakyat serta meningkatkan ketahanan pangan nasional dipandang perlu adanya suatu wadah yang berperan menghimpun dan menampung aspirasi dan kepentingan masyarakat perunggasan.

Di satu sisi stabilitas dan pengembangan pasar komiditi hasil perunggasan perlu terus diupayakan, sebagai prasyarat terciptanya agribisnis perunggasan yang maju, tangguh dan efisien.

Kepedulian terhadap pembangunan perunggasan inilah yang mendorong perorangan, koperasi dan perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran, pemotongan, pengolahan hasil unggas, sepakat membentuk organisasi yang bernama Pehimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia yang selanjutnya disebut Pinsar Indonesia. Pinsar Indonesia ini didirikan di Jakarta pada tanggal 23 Maret 1990 untuk waktu yang tidak ditentukan.

Pinsar Indonesia adalah organisasi berasaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, bersifat kemasyarakatan di bidang perunggasan yang memberikan dukungan dan informasi tentang produksi, pemasaran, pemotongan dan pengolahan hasil unggas.

Organisasi Pinsar Indonesia berfungsi sebagai:

  1. Wadah penyalur kegiatan sesuai dengan kepentingan anggota.
  2. Wadah pembinaan dan pengembangan anggotanya dalam usaha mewujudkan tujuan organisasi.
  3. Wadah berperan serta dalam usaha mensukseskan Pembangunan Nasional.
  4. Sarana penyalur aspirasi dan sarana komunikasi antar anggota dan atau antar organisasi kemasyarakatan dan atau instasi pemerintah dan atau lembaga perwakilan rakyat

Munas Pinsar Indonesia 2014 menghasilkan visi dan misi Pinsar Indonesia sebagai berikut:

Visi

Membangun dunia peunggasan yang maju, tangguh dan efisien, yang dapat diandalkan untuk menyediakan protein hewani, meningkatkan kesempatan bekerja dan kesempatan berusaha, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rakyat serta meningkatkan ketahanan pangan nasional

Misi

Stabilitas dan pengembangan pasar komiditi hasil perunggasan perlu terus diupayakan, sebagai prasyarat terciptanya agribisnis perunggasan yang maju, tangguh dan efisien.