Jendral Moeldoko (paling kanan) menerima bingkisan dari Ricky Bangsaratoe mewakili Pinsar Indonesia

Pinsar Indonesia bersama ASOHI (Asosiasi Obat Hewan Indonesia) dan Napindo Media Ashatama ikut aktif dalam kegiatan Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) 2018 yang diselenggarakan oleh Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Jakarta Convention Center (JCC), 27 Juni-1 Juli 2018.

Partisipasi tersebut dilakukan dalam ikut membuka stand pameran dengan menampilkan kegiatan dan karya Pinsar Indonesia dalam ikut mengembangkan perunggasan nasional.

Ketua Umum HKTI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko sempat berkunjung ke stand Pinsar Indonesia dan berdialog dengan Pengurus Pinsar Ricky Bangsaratoe beserta pengurus asosiasi lain di antaranya Rakhmat Nuriyanto (ASOHI) dan Askam Sudin (GPMT).

Ulang Tahun HKTI

Moeldoko menjelaskan, dari aspek politik, kegiatan ASAFF diharapkan mampu memperkuat politik ketahanan pangan Indonesia.

Menurutnya, HKTI harus bisa memberikan kontribusi pada pemerintah bahwa persoalan politik pangan perlu dibenahi. “Apakah dari hubungan pemerintah dan petani, cara distribusi, capaian distribusi, dan lain-lain. Harapan kami event itu bisa menjadi trigger bagi politik pangan Indonesia,” ujar Moeldoko sebagaimana dikutip HKTI Online .

Moeldoko mengatakan, HKTI harus turut menjadikan Indonesia sebagai anchor (jangkar) dari kawasan Asia. “Secara aspek ekonomi, ASAFF menjembatani petani terhubung secara global. Kegiatan ini juga menjadi ajang bussiness to bussiness (b2b) sehingga akan menghasilkan sesuatu,” kata Moeldoko.

ASAFF dilaksanakan dalam rangka peringatan ulang tahun HKTI ke-45 yang jatuh pada 27 April 2018. Dalam ajang tersebut acara pokoknya berupa eksibisi dan bisnis forum internasional dengan mengusung tema pokok soal Keamanan Pangan dan Inovasi Teknologi Pertanian.

Mengingat pada tahun yang sama Indonesia juga menjadi tuan rumah gelaran pesta olah raga terbesar se-Asia, yakni Asian Games XVIII di Jakarta dan Palembang, maka eksibisi ini topiknya kami selaraskan dengan ajang tersebut yaitu ASIAN AGRICULTURE and FOOD FORUM 2018 (Transforming Challenge into Opportunity: Food Security and Agriculture Innovation).

Acara ini berjalan sukses dan meriah dengan hadirnya presiden Jokowi saat pameran berlangsung.***