Aksi Damai PinsarHari ini (Selasa,01 Maret 2016), PINSAR mendukung peternak broiler melakukan aksi damai di depan Istana merdeka untuk menuntut kenaikan harga broiler.

Aksi yang dilakukan peternak broiler dari Palembang, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali ini menuntut dalam waktu dekat kenaikan harga broiler di atas Biaya Pokok Produksi (BPP) broiler saat ini Rp. 18.500/kg.

Jatuhnya harga broiler beberapa pekan terakhir hingga menyentuh harga Rp 8000/kg tentu saja menyebabkan peternak broiler saat ini mengalami kerugian besar. Data ini bisa dilihat di update data PINSAR (Info Harga).

Dalam jangka panjang, peternak menuntut pemerintah untuk mencabut UU No. 18 Tahun 2014 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan yang membuka seluas-luasnya industri pakan dan pembibitan memasuki sektor budidaya. Pasalnya, di sinilah kunci legalitas korporasi multinasional menguasai sektor budidaya dan bersaing bebas dengan peternak rakyat.

Saat ini tulisan ini dibuat, perwakilan peternak yang terdiri dari Ketua PINSAR, GOPAN, PPUN dan organisasi peternak lain di daerah sedang diterima Teten Masduki sebagai perwakilan Presiden Jokowi. (Hadi)