Peringatan Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) ke 9 berjalan lancar dan sukses di Pekanbaru Provinsi Riau. Rangkaian acara dimulai dengan talk show mengenai HATN di Riau TV Sabtu 26 Oktober 2019, dilanjutkan dengan Talkshow di RRI Minggu pagi tanggal 27 Oktober 2019.

Pada Minggu pagi itu juga dilakukan aksi bagi-bagi telur di area car free day Pekanbaru sebanyak 5.000 butir telur ayam. Pembagian telur dilakukan oleh tim dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau beserta tim dari Riau Pos.

Aksi Bagi-bagi Telur


Talkshow di Riau TV menghadirkan narasumber Ketua Panitia Pusat HATN Ricky Bangsaratoe, Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir. Ely Suryani, Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN SUSKA Dredi Erwan, dan perwakilan FAO Drh. Erry Setyawan. Di RRI talkshow juga menghadirkan narasumber tersebut, kecuali Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan yang berhalangan hadir karena ada tugas ke Jakarta.

Talkshow Riau TV


Topik talkshow meliputi penjelasan mengenai apa kegiatan HATN, edukasi tentang manfaat ayam dan telur serta informasi lainnya untuk melawan hoax tentang ayam dan telur. Talkhsow dilakukan secara live. Informasi mengenai ayam disuntik hormon sering menjadi pertanyaan pemirsa TV dan pendengar Radio termasuk dalam talkshow kali ini. Narasumber menjelaskan bahwa isu hormon adalah hoax karena sudah sejak lama penggunaan hormon untuk peternakan dilarang di Indonesia. Selain itu harga hormon itu mahal, lebih mahal dari harga ayam, jadi tidak mungkin peternak mau menggunakannya.

“Ayam bisa cepat tumbuh dalam waktu singkat adalah karena seleksi genetik bertahun-tahun disertai pemberian pakan yang berkualitas sesuai kebutuhan genetik,” ujar Drh. Erry Setyawan.

Talkshow RRI Pro 2 Riau


Acara puncak berlangsung Minggu 27 Oktober berlokasi di depan gedung RRI Riau yang merupakan wilayah area car free day, dimulai sejak pukul 6.00 pagi dengan acara senam pagi bersama. Acara tersebut dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir. Ely Suryani MS beserta para kepala Bidang, Ketua ASOHI Bidang Antar lembaga Drh, Andi Wijanarko, Perwakilan FAO drh.Erry Setyawan, Ketua Panitia HATN Pusat yang juga Ketua Bidang Promosi dan Usaha Pinsar Indonesia Ricky Bangsaratoe, Ketua ASOHI Riau Drh. Musran, sejumlah tamu undangan serta para warga kota yang sedang melakukan aksi jalan sehat.

Makan Telur Bersama


Acara aksi bagi-bagi telur dan leaflet edukasi gizi ayam dan telur kepada warga Kota Pekanbaru yang sedang berolahraga jalan kaki, senam, naik sepeda disambut antusias oleh warga kota. Sebagian warga menyatakan barutahu ada Hari Ayam dan Telur Nasional.

Shares
BACA JUGA  Rekomendasi Hasil Musyawarah Nasional