Cara mengobati luka bakar dengan putih telur. Ada cara yang sederhana tetapi manjur untuk mengobati luka bakar dengan menggunakan putih telur.

Cara ini digunakan dalam pelatihan petugas pemadam kebakaran. Bila Anda menderita luka bakar, tingkat berapa saja, pertolongan pertama selalu dilakukan dengan menaruh bagian yang terluka dibawah aliran air dingin sampai rasa panas mereda. Setelah itu oleskan putih telur diatas luka. Ada orang yang tangannya tersiram air mendidih. Walaupun sakit, ia mengulurkan tangannya dibawah aliran air dingin. Setelah itu, ia mengambil 2 telur, memisahkan kuning telur dari putihnya lalu putih telur itu ia kocok sedikit.

BACA JUGA  Telur Konsumsi dan Keamanan Pangan

Setelah itu, ia masukkan tangannya disitu. Luka bakar ditangannya parah sehingga putih telur itu mengering dan membentuk lapisan putih. Belakangan ia mendengar bahwa putih telur itu merupakan collagen alamiah.
Dalam satu jam berikutnya, ia mengoleskan putih telur itu selapis demi selapis pada luka ditangannya.

Siang itu tangannya tidak terasa sakit lagi. Keesokan harinya hampir-hampir tidak ada bekas merah yang terlihat. Tadinya ia mengira pasti akan ada bekas luka yang mengerikan, tetapi alangkah herannya ia karena setelah 10 hari, warna kulitnya sudah normal lagi, sama sekali tidak ada bekas luka bakar. Kulit tangannya yang terbakar sudah pulih sepenuhnya karena collagen (yang terkandung didalam putih telur), dan sesungguhnya adalah plasenta yang penuh vitamin.

BACA JUGA  Hidup Sehat dan Cerdas dengan Konsumsi Ayam dan Telur (Bahan Lomba Menulis Artikel Hari Ayam dan Telur Nasional /HATN dan Hari Telur Sedunia 2017)