Peserta rapat koordinasi HATN & WED 2018 Manado (foto Manado Post)

Menindaklanjuti kunjungan Panitia Pusat HATN Ricky Bangsaratoe dan Bambang Suharno ke Manado 12-15 Juli 2018, Manado Post bersama Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut, ASOHI Sulut , Fakultas Peternakan Unsrat  serta para pelaku usaha perunggasan terus melakukan koordinasi dalam rangka persiapan acara Hari Ayam dan Telur Nasional  (HATN) dan Hari Telur  sedunia  (World Egg Day) yang acara puncaknya akan digelar pada 20 Oktober di Manado.

Sejumlah pertemuan sudah digelar di Graha Pena (kantor Manado Post) dengan mengundang semua stakeholder perunggasan.

HATN tahun ini mengangkat tema “Ayam dan Telur untuk Indonesia Cerdas”. Kegiatan-kegiatan HATN bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi, khususnya ayam dan telur yang merupakan sumber protein hewani yang berdampak sangat baik pada kecerdasan. Kegiatan ini juga diharapkan bisa mensejahterakan dan mengembangkan usaha peternakan unggas khususnya di wilayah Sulawesi Utara.

Sebagaimana diberitakan Harian Manado Post ,Jumat 3 Agustus lalu digelar rapat panitia kegiatan bersama peternak ayam dan telur di Sulut. Ikut hadir juga dalam rapat ini, produsen bibit dan pakan ternak  dan Asosiasi Obat Hewan  Indonesia Sulut (ASOHI) dan pihak Manado Post sebagai organizer kegiatan ini. Rapat digelar di Graha Pena Manado Post.

Walau acara puncak HATN dan WED akan digelar 20 Oktober, namun berbagai kegiatan pendukung akan dilaksanakan sejak September. Seperti  Seminar Ayam dan telur,  Lomba menggambar dan Mewarnai serta Festival Kuliner Olahan ayam dan telur.  Pada Oktober sebelum hari puncak, akan dilakukan Farm Tour, Talk Show di TV dan Radio serta Conferensi Pers. Sementara pada acara puncak 20 Oktober akan digelar  Jalan sehat dan Karnaval Ayam dan Telur, Senam Poco-poco dan Jantung Sehat, bazar murah ayam dan telur,  bazar aneka produk,  flyer edukasi ayam dan telur, awarding, doorprized dan panggung hiburan.

Eddy Marzuki, Sekretaris panitia menuturkan, kegiatan ini diharapkan diikuti pelajar SD, SMP, SMA dan mahasiswa, tenaga pengajar, dharma wanita dan masyarakat siapa saja yang peduli dengan gizi dan kecerdasan. Nah, yang berminat, siap-siap mengikuti berbagai kegiatan mulai September nanti. Acara ini ikut didukung Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut dan Fakultas Peternakan Unsrat Manado. (bams)***