Hari Ayam dan Telur Nasional  (HATN) 2020 yang sekaligus berbarengan dengan acara World Egg Day akan sesuai rencana akan diadakan di Samarinda Kaltim. Demikian Ketua Panitia Pusat HATN Ricky Bangsaratoe dalam acara rapat kordinasi virtual yang berlangsung 15 September lalu antara panitia pusat dengan tim Kaltim Post sebagai mitra kegiatan HATN di Kaltim. Menurut Ricky . mengingat situasinya saat ini rangkaian acara disederhanakan dengan mengoptimalkan acara webinar dan livestreaming melalui social media.

Ricky menjelaskan, rencananya acara di Samarinda akan berlangsung 14-15 Oktober. bekerjasama dengan Kaltim Post dan Pinsar Kaltim, serta mengajak stakeholder peternakan di kaltim antara lain ASOHI, PDHI, ISPI Dinas Peternakan, Dinas Kesehatan, PKK, Dharma Wanita  dan lembaga terkait.

Des 2019 Ricky Bangsaratoe (Ketua HATN Pusat) dan Bambang Suharno (pemred Infovet/Wakil Ketua Panitia) audiensi dengan Pimpinan Kaltim Post perihal rencana HATN 2020)

HATN  tahun ini mengangkat tema Ayam dan Telur Tingkatkan Imunitas. Rangkaian acara dimulai dengan talkshow radio dan TV setempat pada tanggal 14 Oktober membahas edukasi giai ayam dan telur, dilanjutkan tanggal 15 Oktober dengan seremonial syukuran HATN, webinar gizi dan webinar Perunggasan. Rencananya acara akan menghadirkan Duta Ayam dan Telur Nasional

BACA JUGA  Manado , Tuan Rumah Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) dan World Egg Day (WED) 2018

Ricky berharap Bapak atau Ibu Gubernur Kaltim bisa membuka acara webinar dan syukuran tersebut. Acara syukuran HATN akan dihadiri peserta terbatas sesuai protokol covid-19, hanya perwakilan asosiasi dan pejabat terkait. Adapun webinar gizi yang targetnya anggota PKK dan Dharma Wanita se provinsi Kaltim akan dilakukan melalui aplikasi zoom dan livestreaming youtube , facebook, Instagram dengan audience minimal 5000 orang.

Mengingat ini webinar, meskipun target utama wilayah Kaltim , namun masyarakat di berbagai daerah boleh ikut secara gratis. Acara webinar ini akan menghadirkan narasumber ahli dari FAO Indonesia dan ahli gizi dari kaltim.

BACA JUGA  Doa Keprihatinan: Peternak Bagi-bagi Telur GRATIS!

Mengenai webinar perunggasan akan dilangsungkan tanggal 15 Oktober siang-hingga sore hari dengan target para peternak unggas wilayah Kaltim , mahasiswa di Kaltim maupun daerah lainnya. Webinar perunggasan akan membahas prospek perunggasan Kaltim dan peran biosekuriti untuk meningkatkan daya saing perunggasan.

HATN Di Jakarta

HATN di jakarta, rencananya akan berlangsung 22 Oktber 2020 bekerjasama dengan Dinas Peternakan DKI dan lembaga terkait. Acaranya dalam bentuk webinar dengan tema yang sama yakni ayam dan telur tingkatkan imunitas. Acara webinar ini juga mentargetkan para ibu PKK dan Dharmawanita dengan harapan mereka semakin paham mengenai pentingnya ayam dan telur yang berperan untuk meningkatkan imunitas.

BACA JUGA  Harga Karet dan Sawit Pengaruhi Konsumsi Ayam dan Telur

Tema ini sesuai dengan situasi saat ini dimana masa pandemi masyarakat membutuhkan gizi yang lebih baik khususnya protein hewani, dimana ayam dan telur merupakan sumber protein yang berkualitas dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat. Selain webinar, rencananya juga akan ada kompetisi blogger untuk menulis artikel sesuai dengan tema HATN.

Ricky menjelaskan sejak tahun 2016 acara HATN telah didaftarkan ke International Egg Commision  (IEC) sebagai bagian dari acara World Egg Day (WED). Sejak tahun tersebut kegiatan HATN selalu dimuat di Internationalegg.com yang merupakan website resmi international Egg Commision . Dengan demikian Indonesia diakui dunia ikut berkontribusi dalam kegiatan World Egg Day yang merupakan acara yang diselenggarakan oleh puluhan negara di berbagai belahan dunia.***

 

Shares