berita WED di international egg

berita di internationalegg.com

International Egg Commission (IEC) , sebuah lembaga international yang berpusat di London memberitakan secara resmi kegiatan World Egg Day (WED) atau Hari Telur Sedunia yang diselenggarakan Pinsar Indonesia dan ASOHI tahun 2016 di Banjarbaru Kalsel  dan Jakarta. Lembaga yang berdiri tahun 1964 ini adalah juga penggagas peringatan World Egg Day yang jatuh setiap tahun sekali pada Hari Jumat minggu kedua bulan Oktober. Peringatan World Egg Day dilakukan oleh berbagai negara.

Sekitar tahun 2009 Pinsar Indonesia sudah mulai merintis acara peringatan WED  dalam bentuk aksi sosial membagi-bagi telur di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Selanjutnya tahun 2011 dicanangkan Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) oleh Menteri Pertanian Suswono di Parkir Timur Senayan pada sebuah acara Festival Ayam dan Telur yang merupakan acara bersama 14 asosiasi bidang perunggasan dan peternakan.

Para pimpinan asosiasi sepakat menyelenggarakan HATN, bukan hanya hari telur karena acara ini dimaksudkan untuk kampanye meningkatkan konsumsi ayam dan telur. Pada tahun 2013 acara HATN digabungkan dengan WED, sehingga sejak itu Pinsar Indonesia menyelenggarakan HATN sekaligus WED yang acaranya dipusatkan di daerah yang terpilih. Tahun 2013 di Denpasar, selanjutnya tahun 2014 di Makassar, tahun 2015 di Palembang dan tahun 2016 di Banjarbaru Kalsel.

Pada acara di Banjarbaru itu Pinsar melaporkan secara resmi kegiatan WED ke IEC agar acara tersebut diakui oleh lembaga resmi internaional. IEC menyambut baik acara-acara yang telah diselenggarakan Pinsar Indonesia dan beberapa waktu lalu kegiatan WED di Banjarbaru dimuat di web IEC, lengkapnya silakan klik di sini .

Selanjutnya Pinsar akan melaporkan kegiatan HATN dan WED yang dilaksanakan di Indonesia. Tahun 2017 ini HATN dan WED rencananya akan berlangsung di Lombok NTB. Ricky Bangsaratoe dari Pinsar Indonesia sekaligus Ketua Panitia Pusat HATN dan WED telah berkunjung ke Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB dan Fapet Unram akhir April lalu. Beritanya klik di sini.

Bagi Pinsar Indonesia, pemberitaan WEd di web internationalegg.com merupakan penghargaan atas kerja keras Pinsar selama ini dalam melakukan kampanye untuk meningkatkan konsumsi ayam dan telur. (Bams)**