Rangkaian acara peringatan Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) yang dipusatkan di Kalimantan Selatan telah mulai berlangsung sejak Juni 2016 dan tampaknya semua acara berjalan dengan sukses. Puncak acara akan berlangsung Minggu 9 Oktober 2016 di Lapangan Murjani Banjarbaru. Sementara itu di Jakarta akan diadakan seremonial peringatan HATN pada Sabtu 15 Oktober di Sekolah Alam “para pemulung” Tunas Mulia Bantar Gebang Bekasi.

Berikut ini beberapa kegiatan HATN 2016.

Workshop Formulasi Pakan

Workshop Formulasi Pakan Ayam Petelur berlangsung 8- 9 September 2016 di  Fakutas Pertanian ULM ( Universitas Lambung Mangkurat ) Banjarbaru. Acara ini peminatnya banyak namun peserta dibatasi hanya 25 orang peternak ayam petelur dari sekitar Kalsel. Menurut Ketua Panitia HATN Soewondo, pembatasan dilakukan demi efektifitasnya workshop mengingat acara ini peserta langsung praktek melakukan formulasi pakan yang cocok untuk masing-masing peternak.

Workshop ini menghadirkan pakar nutrisi Prof. Dr. Budi Tangenjaya. Selama 2 hari peternak diajari kiat formulasi pakan dengan metode modern dan praktis. Diharapkan dengan pengetahuan ini, peternak dapat menyusun formulasi pakan yang efisien dan tepat guna.

Kunjungan Ke Rumah Potong Unggas (RPU)

Rumah Potong Unggas Ciomas Adisatwa

Ibu Walikota Banjarbaru ikut dalam kunjungan ke RPU

Acara kunjungan berlangsung 29 September 2016, diikuti oleh Kader PKK, Posyandu, dan tokoh masyarakat. Lokasi kunjungan ke RPU PT Ciomas Adi Satwa  di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Kalsel dengan peserta sebanyak 35 orang (Terpilih).  Suatu kehormatan bagi penyelenggara bahwa Ibu walikota Banjarbaru, ikut dalam acara ini.

Ciomas Adisatwa

Penjelasan tentang RPU Ciomas Adisatwa

Acara ini bertujuan untuk menginformasikan Proses Pengolahan dan Pemotongan  Unggas yang benar dan   mengedukasi peserta mengenai cara melakukan pemilihan daging ayam yang benar. Peserta sangat antusias dengan acara ini.

Talkshow Radio
talkshow-radio-1Talkshow radio adalah salah satu cara untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya meningkatkan konsumsi ayam dan telur. Panitia HATN bekerjasama dengan radio Smart FM Banjarmasin melakukan acara talkshow interaktif pada tanggal 30 September 2016 pukul 16.00 – 17.00 wita.  Talk Show  menghadirkan narasumber H.Soewondo SE  (Ketua Panitia Pelaksana  HATN KALSEL 2016 ) dan Ir. Ahmad Dawami  (Ketua Asosiasi Rumah Hewan Potong Unggas Indonesia/ARPHUIN).  Tema yang diangkat dalam talkshow ini adalah Pelaksanaan HATN Kalsel 2016 dan Edukasi Manfaat Ayam dan Telur.

Seminar HATN

seminar-2Bertempat di Faperta Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru pada Sabtu 1 Okt 2016  panitia HATN menyelenggarakan  SEMINAR NASIONAL HATN 2016  Tema ” Daging Ayam & Telur Harus Mengambil Hati di Masyarakat  Guna Memenuhi Kebutuhan Protein Hewani.  Seminar ini menghadirkan pembicara  Ir. Ahmad Dawami (Ketua Asosiasi seminar-3jpgRumah Hewan Potong Unggas Indonesia/ARPHUIN) dan  dr. Juhairina M.Kes.Sp.GK ( Dokter Spesialis Gizi RSU Ulin Banjarmasin ).   Acara ini mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Peserta  seminar berjumlah 250 orang terdiri dari para dosen, Ibu Rumah Tangga terpilih, Kader PKK dan Posyandu, mahasiswa , Tim Penyuluh Dinas dan undangan lainnya

Acara Puncak 9 Oktober Banjarbaru

Ketua HATN Kalsel Soewondo mengatakan, acara puncak HATN direncanakan akan berlangsung pada Hari Minggu 9 Oktober  2016  Lapangan Murdjani Banjarbaru Kalsel.  Acaranya meliputi Jalan Sehat  bersama pejabat dan tokoh masyarakat, Sarapan  Ayam & Telur Bareng dengan Pejabat dan Masyarakat, Lomba Mewarnai (TK) dan Melukis (SD) dengan tema dan Telur, serta acara penyuluhan dan hiburan. Acara ini akan memberikan berbagai macam doorprize dan doorprize paling menarik adalah Sepeda Motor .

Acara HATN Jakarta 15 Oktober 2016

Sementara itu di Jakarta, tepat pada Sabtu 15 Oktober 2016, direncanakan akan diadakan acara Aksi Sosial dalam rangka peringatan HATN dalam bentuk kunjungan ke Sekolah Alam Bantar Gebang Bekasi yang merupakan sekolah para pemulung. Di lokasi ini akan diadakan doa bersama, sumbangan makan siang dengan menu ayam dan telur untuk siswa dan orang tua , hiburan dan edukasi ayam telur dan kegiatan lainnya.