IMG-20171001-WA0050Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) sekaligus World Egg Day (WED) telah berjalan sukses di Lombok. Rangkaian yang berlangsung sejak Agustus ini sudah dirintis sejak februari 2017. Berbeda dengan acara serupa tahun sebelumnya, di lokasi acara ada organisasi Pinsar Indonesia maupun ASOHI. Namun di Lombok belum ada Pinsar maupun ASOHI.

Kenapa dipilih Lombok? Pertama adalah karena NTB adalah provinsi yang tengah berkembang ekonominya. Berdasarkan data yang panitia peroleh, ekonomi peternakan di NTB pertumbuhannya lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan di Indonesia Timur.

Dengan bergeliatnya pariwisata, pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan lebih pesat lagi.

Kedua, sambutan dari pihak pemerintah maupun perguruan tinggi yang positif. Bukan hanya itu, Lombok Post group sebagai media terkemuka di NTB bahkan akhirnya sanggup terjun sebagai pengelola acara HATN.

HATN Sekilas

IMG-20170923-WA0019Acara HATN pertama kali dicanangkan tahun 2011 pada saat acara festival ayam dan telur oleh Menteri Pertanian Dr. Ir. Suswono, MA di Senayan Jakarta, tanggal 15 Oktober 2011. Sejak saat itu setiap tanggal 15 oktober diperingati sebagai Hari Ayam dan Telur Nasional.

Sementara itu World Egg Day (WED) dicanangkan di Wina Austria pada sebuah konferensi International Egg Commission (IEC) tahun 1996. IEC menetapkan bahwa Hari Telur Sedunia jatuh pada setiap minggu kedua bulan Oktober di Hari Jumat. Jadi setiap tahun tanggal peringatan WED berbeda-beda. Tahun ini jatuh pada hari Jumat 13 Oktober 2017.

Di Indonesia, peringatan WED mulai digagas Pinsar Indonesia sejak tahun 2000an. Kemudian pada tahun 2011 ditetapkan peringatan WED sekaligus dalam acara HATN.

Acara HATN telah diakui sebagai bagian dari World Egg Day oleh International Egg Commision sejak 2016. Liputan kegiatan HATN dimuat di website resminya www.internationalegg.com

Atas inisiatif Pinsar Indonesia (Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia), ASOHI (Asosiasi Obat Hewan Indonesia) dan didukung oleh asosiasi-asosiasi peternakan dan kesehatan hewan, mulai tahun 2013 lalu acara HATN dan Hari Telur Sedunia mulai dilakukan di luar kota, yaitu berlangsung di Lapangan Renon Denpasar tahun 2013. Kemudian tahun 2014 diselenggarakan di pantai Losari Makassar, tahun 2015 di Palembang dan tahun 2016 di Lapangan Murjani Banjarbaru. Tahun 2017 ini HATN dan WED dilaksanakan di Lombok.

RANGKAIAN ACARA HATN

IMG-20170929-WA0099

Talkshow di Lombok Post TV

seminar di UNTB

seminar di UNTB

Rangkaian acara HATN akan berlangsung di Lombok dan Jakarta.

Di lombok kegiatan meliputi:

  1. Talkshow radio , 2 kali talkshow radio pra acara dan 1 kali setelah acara puncak. Narasumber : Bambang Suharno, Prof M Ichsan, Prof Budi Indarsih (Unram), Alfred Kompudu (FAO), Hidayaturahman (Pinsar Jatim), Iskandar (Dinas PKH NTB).  Aminurrahman (Kadis PKH NTB), Dr. Mashur (rektor UNTB). Talkshow membahas manfaat ayam dan telur bagi kecerdasan dan kesehatan.
  2. Talkshow TV, 2 kali talkshow pra acara . Narasumber Bambang Suharno, Alfred Kompudu (FAO), iskandar Zulkarnen (Dinas PKH NTB), Prof M Ichsan (Unram), Hidayaturahman (Pinsar Jatim)
  3. Donor darah, diselenggarakan oleh Universitas Nusa Tenggara Barat (UNTB)
  4. Seminar dengan tema Hidup Sehat dengan Konsumsi Ayam dan Telur, 28 September 2017 di kantor Gubernur NTB. peserta ibu-obu PKK se polau Lombok , para mahasiswa dan undangan. Narasumber Dinas Peternakan NTB, Prof Budi Indarsih, Prof M Ichsan, Alfred Kompudu (FAO).
  5. Lomba menggambar dan mewarnai, 28 September 2017
  6. Lomba mengupas telur, anak-anak SD
  7. Kompetisi penulisan artikel, diselenggarakan oleh Lombok Post
  8. Seminar prospek peternakan di FKH UNTB. Narasumber : Ricky Bangsaratoe (Pinsar Pusat), Hidayaturahman (Pinsar Jatim), Bambang Suharno (Pemred Infovet)
  9. Acara puncak , di Taman Bumi Gora, kawasan Udayana, Mataram,1 Oktober 2017. dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat  antara lain Dinas Peternakan dan kesehatan Hewan NTB, Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, Fak Peternakan Unram, Fak Kedokteran Hewan Univ NTB, para peternak unggas dll.

Acara seminar di kantor Gubernur maupun di lapangan Bumi Gora Udayanan dikelola oleh Lombok Post group. semua rangkaian kegiatan tersebut mendapat liputan luas oleh Lombok Post group baik media cetak , maupun elektronik.