Menyongsong Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) dan hari Telur Sedunia 2018 yang puncaknya akan dilakukan di Manado 20 Oktober 2018 , akan digelar berbagai kegiatan spektakuler yang melibatkan seluruh pihak pemerhati telur dan ayam serta Masyarakat Sulawesi Utara terutama Kota Manado pada September dan Oktober 2018

Kegiatan sudah dimulai tanggal 14 September berupa seminar perunggasan di gedung rektorat Unsrat yang dilalanjutkan talkshow edukasi di Radio CosmoFemale dan KawanuaTV. Sejumlah diskusi peternak juga digelar. Selain itu pada 21-22 September 2018 diselenggarakan Festival Ayam dan Telur yang kegiatannya meliputi Bazar Aneka Produk, Lomba Mewarnai Gambar, Lomba Kreasi Goyang Poco-poco, Kuliner Olahan ayam dan telur, Lomba gerak dan lagu Ayam dan Telur, Beauty Class dan bakti sosial donor darah.

Sekretaris Panitia Daerah HATN Edy Marzuki mengatakan, di Bazar Aneka Produk akan ada pameran Elektronik & Furniture, jasa finance, jasa trasnportasi Online, kecantikan dan fashion. Untuk Lomba Kreasi Poco-Poco digelar untuk kategori umum dan remaja dengan keanggotaan tiap tim 6 – 12 orang. Sementara untuk lomba mewarnai, digelar untuk Kategori TK dan SD Kelas 1-3. Beauty class akan dilakukan untuk remaja dan ibu rumah tangga, dan untuk bakti sosial selain digelar donor darah akan ada juga pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan. Semua kegiatan ini dimaksudkan agar masyarakat semakin paham akan manfaat gizi ayam dan telur dan tidak terpengaruh isu negatif mengenai ayam dan telur.

Berita tentang Festival Ayam dan Telur dimuat di Harian Manado Post 24 September 2018.