ayam dan telur audiensi-mentan

Foto bersama setelah rapat

Bertempat di ruang rapat Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Jumat 30 September 2016, panitia pusat Hari Ayam dan Telur Nasional (HATN) diterima oleh Tim Direktorat Pemasaran dan pengolahan Hasil Peternakan untuk mendiskusikan HATN.

Dalam kesempatan itu dari pihak panitia HATN hadir Ketua Panitia Pusat Ricky Bangsaratoe, wakil ketua panitia Bambang Suharno, Wakil Ketua Umum Pinsar Indonesia Eddy Wahyudin, Dewan Penasehat Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI) Rakhmat Nuriyanto, sekretaris Pinsar Indonesia Samhadi dan staf Gita Organizer Mariyam Safitri.

Rapat membahas tentang bagaimana agar HATN yang sudah diperingati oleh masyarakat perunggasan setiap 15 Oktober sejak tahun 2011 dapat dijadikan hari peringatan nasional yang disahkan oleh pemerintah. Edy Wahyudin menyampaikan, HATN telah dicanangkan oleh Menteri Pertanian Dr Suswono pada tanggal 15 Oktober 2011, dan selanjutnya setiap Oktober masyarakat perunggasan melakukan berbagai aktivitas edukasi ayam dan telur.

Acara peringatan HATN sejak 2013 diselenggarakan di luar Jakarta dengan harapan konsumsi ayam dan telur makin meningkat di daerah. Tahun 2013 dilakukan di Denpasar, 2014 di Makassar, 2015 di Palembang dan tahun 2016 ini di Banjarmasin. Rangkaian acara HATN 2016 sudah berjalan sejak Juni 2016 di Banjarmasi dan Banjarbaru berupa bazaar, seminar, workshop, penyusulan , lomba dan sebagainya. Acara puncaknya akan berlangsung 9 Oktober di Lapangan Murdjani Banjarbaru.

Selain itu didiskusikan juga berbagai kegiatan sosialisasi ayam dan telur ke masyarakat melalui kunjungan ke rumah pemotongan unggas, acara penyuluhan, seminar, lomba dan sebagainya.

Pemerintah sangat mendukung dan menghargai prakarsa dari Pinsar Indonesia, ASOHI dan asosiasi lainnya yang telah melakukan berbagai kegiatan edukasi ayam dan telur ke masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini, konsumsi ayam dan telur terus meningkat dan menggairahkan usaha peternakan unggas.

Pemerintah, dalam hal ini, Kementerian Pertanian siap bekerjasama dalam kegiatan edukasi ayam dan telur yang akan datang.