Ya, benarkah telur dapat meningkatkan kolesterol dalam darah ? DR. T homas Behrenbeck, M .D., Ph.D seorang ahli kardiologi dari Mayo Clinic memberikan jawaban yang menarik untuk kita. Telur memang mengandung kadar kolesterol . Pertanyaannya adalah, berapa banyak kadar kolesterol dalam makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah kita?
Jawabannya adalah kadar kolesterol tidak sama untuk setiap orang, orang yang satu bisa berbeda dari yang lainnya. Faktanya, meski mengkonsumsi telur dalam jumlah yang banyak dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah kita, namun secara umum memakan 4 butir telur dalam seminggu (termasuk kuning t elurnya) tidak akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Telur mengandung kolesterol pada bagian kuning telurnya. Satu butir telur dengan ukuran yang besar dapat mengandung kolesterol sampai 1 86 m g, yang semuanya terdapat dalam kuning telurnya. Jika Anda menyukai telur tapi tidak ingin menambah jumlah kolesterol dalam darah Anda, sebaiknya makan putih telurnya saja, karena putih telur tidak mengandung kolesterol jahat.

Kandungan kolesterol tinggi dalam telur itu membuat banyak orang menghindarinya. Namun, ketakutan itu sebenarnya berlebihan. INGAT ada dua jenis kolesterol, yang “ baik” ( HDL) dan “jahat” (LDL).
• HDL = High Density Lipoprotein. Ini adalah kolesterol baik, yang membantu membuang LDL dari dalam darah.
• LDL = Low Density Lipoportein. Ini adalah kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.
Lipid dalam telur terdiri dari 1/3 asam lemak jenuh Rasio antara keduanya tergolong dengan baik. LDL) dan 2 /3  asam lemak tak jenuh (HDL) sehingga
Banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumsi telur 2 – 3 butir per minggu tidak berbahaya bagi kita.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menunjukkan bahwa risiko penyakit kardiovaskuler pada l aki – laki dan perempuan tidak meningkat dengan meningkatnya konsumsi t elur. Bahkan sebaliknya, dari temuan mereka setelah menganalisis lebih dari 27.000 subyek, diketahui bahwa mereka yang mengkonsumsi telur memiliki kadar kolesterol lebih rendah dibandingkan yang tidak makan telur.

Lalu bagaimana caranya mengatur diet yang baik untuk pola makan kita?
• Jika kita sehat, kita dapat mengkonsumsi kolesterol jahat (LDL) sampai 300 mg per hari.
• Jika kita memiliki risiko penyakit jantung atau penyakit gula (diabetes mellitus), maka kita harus membatasi asupan kolesterol jahat (LDL)
hanya sampai 200 mg per hari.

10 nilai penting telur
1. Telur baik untuk mata. Menurut sebuah studi, sebutir telur sehari bisa mencegah degenerasi mata karena karotenoid yang dikandungnya, khususnya lutein dan zeaxanthin. Kedua zat gizi lebih mudah didapat pada telur daripada dari sumber lain.
2. Pada penelitian yang lain, para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang mendapat asupan telur setiap hari menurunkan r esiko mengalami katarak. Hal ini juga karena kandungan karotenoid pada telur.
3. Sebutir telur mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi serta 9 asam amino penting.
4. Berdasarkan penelitian dari Harvard School of Public Health, konsumsi telur secara berkala dapat membantu mencegah penggumpalan darah, stroke dan serangan jantung.
5. Telur kaya dengan unsur kolin, yang merupakan nutrisi penting bagi otak, jaringan syaraf dan sistem kardiovaskular. Sebuah kuning telur mengandung sekitar 300 mikrogram kolin.
6. Telur mengandung lemak yang baik bagi tubuh. Sebutir telur hanya mengandung 5 gram lemak dan diantaranya hanya 1,5 gram lemak jenuh.
7. Riset terbaru menyatakan konsumsi normal telur tidak mempengaruhi tingkat kolesterol dan menunjukkan bahwa konsumsi rutin dua butir telur sehari tidak mempengaruhi profil lipid seseorang, justru memperbaikinya. Penelitian menunjukkan bahwa justru lemak jenuhlah
yang meningkatkan kolesterol.
8. T elur adalah satu-satunya bahan makanan yang secara alami mengandung vitamin D.
9. Telur dapat mencegah kanker payudara. Satu penelitian menyatakan, wanita yang mengkonsumsi setidaknya 6 butir telur dalam
seminggu, menurunkan resiko kanker payudara sebanyak 44%.
10. Telur sehat untuk rambut dan kuku, karena kandungan sulfur yang tinggi serta vitamin dan mineral didalamnya.

Fakta Nutrisi Telur
Sampai saat ini telur merupakan sumber protein hewani yang termurah. Bayangkan, dalam 1 kg telur yang kita beli, rata-rata kita bisa mendapatkan
16 butir telur ayam. Sementara harga satu kilogram telur ayam di supermarket a tau pasar sekarang berkisar antara Rp. 16.000 – 18.000, itu artinya, satu butir telur hanya seharga Rp.1.000. Dari Rp. 1.000 itu kita bisa mendapatkan sumber gizi yang cukup baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita.
Telur juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh kita, antara lain:
Zat besi (Fe) Membawa oksigen untuk sel, membantu mencegah anemia
(kurang darah merah).  Zat besi yang ada dalam telur merupakan zat besi yang sangat mudah diserap oleh tubuh.

Vitamin A Membantu menjaga kesehatan kulit dan jaringan mata serta
membantu penglihatan pada waktu malam.
Vitamin D Memperkuat tulang dan gigi, dapat juga membantu mencegah
terjadinya kanker dan penyakitpenyakit auto imun.
Vitamin E Merupakan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah penyakit.
Vitamin B12 Membantu mencegah serangan jantung

Folat Membantu menghasilkan dan merawat sel baru.

Protein Bahan baku untuk membuat dan memperbaiki otot, organ, kulit, rambut, dan jaringan tubuh lainnya. Protein dalam telur dapat dengan mudah diserap tubuh. Selenium Bekerja bersama vitamin E sebagai ontioksidan untuk mencegah rusaknya jariangan tubuh. Kolin Berperan penting dalam pertumbuhan dan fungsi otak.

Sumber: Healthy Food For Healthy Life (Pinsar Indonesia, Trouw Nutrition Indonesia)